Senin, 22 April 2013

Seni Musik Apakah Itu

seni musik di indonesia saat ini makin berkembang, dengan ditandai dengan bagaimana musik kebiasaan mulai dimainkan di acara yang digelar di lebih dari satu kota serta area. acara musik yang ada nyaris di seluruh televisi baik televisi swasta atau negeri ( tvri ), menyiarkan acara musik baik musik lokal, kebiasaan, pop, serta yang lain, hingga musik barat.

sejarah seni musik
kehadiran bangsa portugis ke indonesia pada abad ke xv membawa dan musik keroncong. keroncong merupakan musik yang ditandai dengan alat ukulele. ukulele merupakan alat musik yang menyerupai gitar, tapi memiliki bentuk kecil serta punyai senar empat buah.

keroncong pada mulanya adalah musik yang dimainkan serta dipertontonkan untuk golongan peranakan, tapi beriringan dengan perubahan lambat-laut musik keroncong pada akhirnya di terima, dimainkan masyarakat.


banyaknya orang indonesia pada kala zaman kolonialisme, yang ikuti pendidikan di barat, serta menyerap beraneka ilmu dan pengetahuan dari barat, pada akhirnya memunculkan dua pendapat yakni :

grup yang bersandar pada musik barat.

tokoh-tokoh yang bersandar pada musik barat ini merupakan cornel simanjuntak serta amir pasaribu.

grup yang bersandar konsisten memegang musik indonesia yang udah ada, musik kebiasaan ( karawitan ).

larangan bermusik pada zaman penjajahan
lagu indonesia raya ciptaan w. r. supratman merupakan musik dengan sentuhan musik barat dengan impuls nasionalisme. perubahan musik-musik dengan impuls serta tema nasionalisme mulai bermunculan. belanda mencium bahayanya musik, makanya melarang bangsa indonesia untuk membawakan lagu-lagu yang bertemakan nasionalis.

pada zaman penjajahan jepang, muncullah model musik langgam. musik langgam merupakan musik keroncong yang dikombinasikan dengan beraneka musik dari barat. konsisten dengan lagu-lagu yang bernuansa romatis-nasionalis dengan impuls kebangsaan, seperti sepasang mata bola, halo-halo bandung, dan karangan bunga dari selatan.

manfaat rri sebagai radio rakyat indonesia
radio adalah alat komunikasi yang gak cuma berfungsi kala menyebarluaskan info. manfaat rri lantas cukup besar kala menyebarluaskan musik di indonesia. berbagai acara musik disiarkan di rri, adakan lomba bintang radio dengan kelompok musik keroncong, seriosa, serta hiburan.

musik serta kehidupan manusia
musik bukan cuma berguna untuk beberapa pemainnya, beberapa pendengar juga mendapatkan faedah untuk dirinya. di kala lagi tengah bersedih, marah, serta rindu, musik biasa jadikan kawan penghibur. oleh dikarenakan itu, musik punyai kegunaan untuk kehidupan manusia salah satunya merupakan sebagaimana berikut.

musik mampu berikan rangsangan pada hubungan pada segi yang terdapat didalamnya yang saling bertautan serta menambah kekuatan emosi.

mendengarkan musik mampu merangsang pikiran.
musik mampu bikin siswa lebih pandai musik menambah kekuatan motorik ).
dengan musik, pemikiran serta pengetahuan mampu meningkat.
musik mampu menambah, serta bikin emosional makin sensitif ( mental, moral, estetis, dan seterusnya ).
mempelajari musik kelak dapat jadi manusia yang logis, cerdas serta kreatif, dan bisa memutuskan.
dengan musik, anak meraih stimulasi ( rangsangan ) yang seimbang pada otak kiri serta kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar